Dalam
bisnis, ada banyak cara untuk meraih sukses, menurut Porters ada beberapa
pilihan strategi generik yang bisa diterapkan oleh perusahaan untuk mencapai
keunggulan kompetitif. Lalu bagaimana cara perusahaan menerapkan strategi
tersebut agar mencapai keberhasilan?
Di
tengah kemajuan dunia penerbangan nasional dalam beberapa tahun terakhir,
konsumen disediakan banyak pilihan penerbangan. Anda bisa memilih penerbangan dengan
biaya murah, dengan fasilitas terbatas, atau memilih penerbangan dengan layanan
yang fantastik dan kenyamanan maksimal. Atau, Anda akan memilih penerbangan
yang hanya melalui rute terbatas, namun dikenal handal di rute-rute yang
dijalani. Of course, pilihan itu ada di tangan Anda sebagai konsumen.
Sama
seperti perusahaan yang memilih strategi kompetitif dengan mempertimbangkan
berbagai faktor. Berikut ini beberapa strategi kompetitif yang dapat membantu
anda, baik konsumen atau perusahaan untuk memilih rute yang tepat dalam meraih
sukses.
Porters
Generics Competitve Strategies adalah strategi yang digunakan perusahann untuk
meraih keunggulan kompetitf. Strategi ini dibagi menjadi tiga pendekatan
1. Cost Leadership Strategy
Cost Leadership Strategy adalah upaya mendapatkan
keunggulan kompetitif dengan meningkatkan penjualan melalui persaingan harga
terendah. Strategi biaya terendah adalah upaya meminimalkan biaya untuk
mendapatkan produk atau jasa dengan harga ekonomis.
Strategi ini dapat diterapan dengan cara:
·
Meminimalkan
biaya produksi untuk mencapai efisiensi biaya
·
Perusahaan
menetapkan biaya termurah untuk meraih laba yang lebih tinggi
·
Meraih
pangsa pasar yang luas, dari harga yang lebih rendah
Strategi ini akan efektif apabila diterapkan pada
konsumen yang sensitif harga, perusahaan yang ingin sukses menerapkan strategi
ini harus memiliki akses modal yang kuat untuk investasi teknologi, aset
produksi, kemampuan design produk, dan saluran distribusi yg efisien.
Risiko terbesar dalam menerapkan strategi biaya
termurah adalah, sumber-sumber penurunan biaya tersebut tidak hanya dimiliki
perusahaan Anda, sehingga pesaing bisa saja mengkopi strategi penekanan biaya
tersebut. Itu sebabnya, sangat penting untuk secara terus menerus menemukan
cara untuk menekan setiap biaya.
Peusahaan yang menerapkan strategi ini adalah
Walmart, Walmart adalah perusahaan Amerika Serikat yang mengoperasikan
department store. Walmart menerapkan strategi EDLP dalam bekerja sama dengan
suplier untuk memastikan harga tetap stabil dan terjaga pada level minimum. Dan
memberikan harga yang lebih murah dari supermarket lain.
2. Differentiation Strategy
2. Differentiation Strategy
Diferensiasi melibatkan upaya memproduksi produk
atau jasa yang berbeda dan lebih unggul dari para pesaing. Bagaimana meraih strategi
ini sangat tergantung kepada kondisi alami industri, produk atau jasa itu
sendiri, tetapi biasanya melibatkan fitur, fungsi, daya tahan, dukungan, dan
juga citra merek yang dihargai oleh pelanggan.
Untuk membuat sebuah strategi diferensiasi, organisasi
perlu:
·
Memiliki
riset, pengembangan, dan inovasi yang baik
·
Mampu
menyerahkan produk atau jasa berkualitas tinggi
·
Memiliki
penjualan dan pemasaran yang efektif sehingga pasar memahami manfaat-manfaat
berbeda yang ditawarkan.
Strategi ini fokus pada pengembangan produk yang
menawarkan nilai lebih dan keunikan produk yang tidak dimiliki kompetitor. Penambahan
nilai produk ini membuat perusahaan menetapkan harga premium untuk produknya.
Keunggulan nilai ini dilihat dari fungsi, durability, penjualan, kualitas, dan
fitur tambahan.
Perusahaan besar yang menerapkan strategi diferensiasi
memerlukan proses pengembangan produk yang tangguh.
Perusahaan yang menerapkan strategi ini adalah
McDonalds. Perusahaan yang beroperasi di bidang restoran yang mayoritas pelanggannya
adalah masyarakat kelas menengah keatas, dan McDonalds menyediakan makanan untuk
konsumen di semua usia dan memiliki paket produk yang berbeda untuk tiap
segmen. Perusahaan dapat melihat peluang dari kebiasaan masyarakat modern
dengan mobilitas tinggi, tak hanya itu mereka juga berkompeten menentukan harga
yang tepat , dengan memberikan kualitas, layanan, dan kepuasan.
3. Fokus Strategy
Fokus strategy atau bisa juga disebut strategi
segmentasi adalah suatu strategi yang meningkatkan keunggulan kompetitif dengan
menerapkan kedua strategi sebelumnya bukan pada pasar secara umum, namun untuk
segmen pasar yang lebih kecil dan spesifik.
Dengan memahami dinamika pasar dan kebutuhan unik
dari konsumen, perusahaan mengembangkan produk atau jasa berbiaya rendah atau
spesifik. Karena mereka melayani konsumen dalam pasar secara unik, mereka
cenderung membangun loyalitas merek yang kuat di kalangan konsumen. Ini membuat
segmen pasar yang mereka kuasai kurang menarik bagi pesaing.
Apapun strategi fokus yang dipergunakan (Cost
Focus atau Differentiation Focus), kunci untuk
keberhasilan penerapan strategi fokus adalah menjamin adanya pertambahan nilai
ekstra sebagai hasil dari melayani ceruk pasar tersebut. Tidak cukup fokus
hanya pada satu segmen pasar karena perusahaan terlalu kecil untuk melayani
pasar yang lebih luas. Jika Anda mencoba-coba masuk ke pasar yang lebih besar,
Anda akan memiliki risiko besar harus berhadapan dengan perusahaan yang lebih
siap melayani pasar yang lebih luas.
Jadi
bagaimana memilih strategi yang tepat?
Keputusan
terhadap pemilihan strategi bersaing generik akan mempengaruhi
keputusan-keputusan lainnya, sehingga waktu untuk membuat keputusan tersebut
bisa saja lebih lama. Keputusan tentang pilihan strategi tentu harus dibuat,
dan Porter secara spesifik memperingatkan untuk tidak menggunakan lebih dari
satu strategi. Satu alasan di balik ini adalah bahwa apa yang diperlukan untuk
membuat setiap tipe strategi juga membutuhkan tipe sumberdaya yang berbeda.
Strategi
biaya termurah membutuhkan sumberdaya internal yang benar-benar detil terhadap
proses. Strategi diferensiasi, di sisi lain, membutuhkan pendekatan yang
berorientasi kepada pelanggan dan sangat kreatif. Strategi fokus menerapkan
biaya termurah dan diferensiasi produk pada ceruk pasar tertentu. Jadi,
saat memilih salah satu dari 3 strategi bersaing generik, penting bagi Anda
untuk mempertimbangkan kompetensi dan kekuatan. Selain itu perusahaan juga
harus konsisten menetapkan strategi kompetitif nya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar